Senin, 28/07/2014
JADWAL LIGA Font Size : A- A+
Kamis, 23/05/2013 11:30:55
Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir Bawa Indonesia Unggul
Penulis : Syamsul Arif
Xu Chen/Ma jin, menyerah di tangan Tontowi/Liliyana.
Foto : Julian Finney/Getty Images

Indonesia harus mengakui keunggulan Cina 0-5 pada pertemuan perdana di babak penyisihan Grup 1A Piala Sudirman 2013. Meski mengalami kekalahan, tetapi Tim Merah Putih tetap berhak melaju ke babak perempat final dengan status sebagai runner-up.

Di babak perempat final, secara mengejutkan Indonesia kembali harus menghadapi Cina, Selasa (23/5) siang WIB, di Stadion Puta Bukit Jalil, Malaysia.

Gim perdana menyajikan duel ganda campuran antara Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan Xu Chen/Ma Jin.

Pertarungan di set pertama berjalan sangat sengit. Kedua kubu bergantian memimpin dan saling jual beli serangan. Ganda campuran terbaik Indonesia akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor ketat skor 18-21.

Namun, pada set kedua, Tontowi/Liliyana mengalami penurunan performa dan harus mengakui keunggulan ganda peraih medali emas Olimpiade 2012 lalu dengan skor 14-21.

Dengan skor imbang 1-1 ini, maka game perdana harus berlangsung tiga set untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang.

Pada set ketiga, Ahmad Tontowi/Liliyana Natsir sempat tertinggal 7-13. Namun, ganda terbaik nomor dua itu berhasil menyamakan skor dan berbalik unggul 14-13. Tontowi/Lilyana akhirnya memenangi set ketiga dengan skor 21-16, sekaligus membawa Indonesia unggul 1-0 atas Cina.

Game kedua akan mempertemukan duel tunggal putra antara Tommy Sugiarto melawan Chen Long.