TC Timnas U16 dan U-19 Segera di Mulai

-

Badan Tim Nasional (BTN) menjadwalkan pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-16 dan U-19 di lakukan serentak dengan tempat yang berbeda. Pemusatan latihan timnas U-19 digelar di Wisma Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan timnas U-16 di kompleks training center Sawangan, Bogor dan di Pahang, Malaysia.

“Sudah ada jadwalnya. Untuk U19 akan dimulai pada 23 Juni. Sedangkan U-16 akan dimulai dengan kegiatan seleksi nasional pada 1 sampai 8 Juli 2013. Sumbernya dari asosiasi provinsi dan klub,” kata Ketua BTN La Nyalla Mattalitti dalam rilis yang diterima Bolanews.

La Nyalla juga menyatakan bahwa pelatih timnas U-16, Sutan Harhara, telah menyusun program, mulai dari pra seleksi di Bandung, Jakarta hingga seleksi nasional di Sawangan. Hingga ujungnya, para pemain akan di berlatih di Pahang, Malaysia.

Sutan Harhara akan didampingi tim pelatih yang juga scouter, yakni Mundari Karya, Gatot Prasetyo dan Welliansyah. Di Bandung dan Jakarta, tim ini akan menantang beberapa klub. Di Bandung, yakni Swasco Bandung, Uni Bandung, Saint Prima Academy dan Ricks Sayati Kota Bandung. Sementara di Jakarta, yaitu Asiop, Villa 2000, Kabomania, JFA, Bina Taruna, Rajawali Muda.

Setelah itu, manajemen U-16 akan mengundang pemain-pemain terbaik dari 10 Asosiasi Provinsi. Masing-masing NAD, Sumatera Barat, Sumatera Utara, DKI, Jawa Barat, Jawa  Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

"BTN hari ini mengirim surat kepada 10 Asosiasi Provinsi tersebut untuk mengirimkan pemain terbaiknya untuk mengikuti seleksi nasional di Sawangan. Semua akomodasi dan transportasi ditanggung BTN. Saya minta kepada head coach Sutan Harhara, untuk menjaring yang layak dan memenuhi syarat teknis. Jangan ada faktor-faktor non-teknis. Apalagi sampai ada praktek kotor uang dan sebagainya,” papar La Nyalla.

Timnas U-19 dipastikan akan berada di mess Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 23 Juni nanti. Tim ini dipersiapkan untuk ajang AFF September mendatang. Di UNY tim manajemen U-19 akan memboyong 79 pemain untuk diseleksi dalam dua tahap, hingga menjadi 35 pemain. Seleksi tahap pertama akan dilakukan pada 24-26 Juni. Sedangkan seleksi tahap dua pada 28-30 Juni 2013.

Setelah seleksi tahap dua, akan dilanjutkan dengan TC jangka panjang 4 Agustus mendatang. Dan pada saat itu, dijadwalkan telah terbentuk skuad inti sebanyak 25 pemain. Mereka akan melanjutkan TC kedua di Surabaya pada 11-7 Agustus untuk kemudian diturunkan di ajang AFF U-19.


Penulis
:Kukuh Wahyudi
Publisher
:Kukuh Wahyudi

Berita Terkait

Berita Terbaru

Berita Terpopuler

Komentar

BACK TO TOP