Kamis, 31/07/2014
JADWAL LIGA Font Size : A- A+
Selasa, 17/09/2013 18:00:09
Indonesia VS Malaysia: Tak Anggap Musuh Bebuyutan
Penulis : Ade Jayadireja

Pelatih Indonesia Indra Sjafri meyakini laga ini akan berjalan ketat. Maklum, secara kualitas kedua tim cukup berimbang. “Kalau sudah begini, mental yang berbicara. Siapa yang lebih siap, itulah yang tampil sebagai pemenang,” terangnya.

Pada pertandingan ini, ia meminta anak buahnya tak menganggap Malaysia sebagai musuh bebuyutan. Karena ia khawatir, jika ada anggapan seperti itu di benak para pemainnya, mereka akan terbebani. “Anggapa saja semua lawan sama. Kita hanya harus respek agar bisa bermain dalam performa terbaik,” ujar Indra.

Semangat untuk memenangi partai ini baginya sah-sah saja, tapi bukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa mengalahkan Malaysia yang notabene kerap mengganjal laju Indonesia di beberapa kejuaraan lain.

Malaysia memang bisa menjadi ancaman bagi Garuda Muda, terutama jika Indonesia bermain buruk. Maklum, usai kalah dari Vietnam, grafik penampilan tim berjulukan Harimau Muda itu terus meningkat. “Malaysia seperti mesin diesel. Mereka terlambat panas, tapi bisa sangat berbahaya jika sudah menemukan bentuk permainannya,” tutur Indra.

Namun ia mengembalikan semuanya ke pemain. Sebab, jika sudah di lapangan 99 persen bergantung pada pemain. “Saya hanya satu persen saja, selebihnya pemain yang menentukan hasil sebuah pertandingan,” katanya.

Sementara itu, Evan Dimas dkk mengaku sangat siap menjalankan tugas berat itu. Mereka pun optimistis bisa mengalahkan Malaysia di pertandingan ini. “Kami harus menang meski seri saja sudah cukup. Karena kami harus memastikan bahwa tempat kami ke semifinal aman dan nyaman,” jelas Evan.

Performa Indonesia sendiri sebetulnya juga mengalami peningkatan. Minimal, Indra melihat aliran bola sudah lebih lancar. Tak hanya itu, Garuda Muda juga mulai mampu mengalihkan titik serangan di waktu yang tepat. “Kami belum bermain bagus di pertandingan lawan Thailand. Kami akan suguhkan permainan lebih baik di pertandingan ini,” ucapnya.

Prakiraan Formasi:
Indonesia (4-3-3):  1-Ravi Murdiyanto (K), 5-Muhammad Fathurrochman, 13-Muhamad Sahrul, 16-Hansamu Yana Pranata,  2-Putu  Gede Juni Antara(B), 8-Muhammad Hargianto, 6-Evan Dimas Darmono, 18-Alqomar Tehupelasury (T), 15-Maldini, 10-Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, 9-Dinan Yahdian Javier (D)

Cadangan: 12-Rully Desrian, 3-Febly Gushendra, 14-Dimas Sumantri, 4-Mahdi Fahri Albar, 17-Paulo Oktavianus Sitanggang, 20-Ilham Udin Armaiyn. Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia (4-4-2): 1-Ahmad Syihan Hazni Mohamed (K), 7-Muhammad Syazwan, 8-Muhammad Irfan, 17-Muhammad Jafri, 19-Muhammad Arif, 20-Thanabalan Nadaraja, 25-Mohammad Faris Shah, 27-Adam Shafiq, 28-Muhammad Fauzan, 29-Mohamad Arif Fadzilah, 30-Adam Noor Bin Azlin.

Cadangan: 5-Abdul Rahim Bin Abdul Razak, 6-Mohamad Amirulhisyam, 11-Shakir Zufairy, 12-Mohamad Raphi Azizan, 13-Muhammad Alif Haikal, 14-Mohd Bin Amirullizam, 18-Kannan Kalaiselvan, 22-Amierul Hakimi, 26-Nur Shahmi. Aminuddin Hussin